A. KRISHAND
Software Krishand PPN 1107, Krishand
Withholding Tax, Krishand PPh 21, Krishand Payroll, Krishand General Ledger.
Software Krishand PPN 1107 / Withholding Tax / Krishand PPh 21 merupakan
software database yang membantu Anda di dalam mempersiapkan
formulir-formulir pajak. Dengan menggunakan software ini, persiapan pelaporan
pajak Anda menjadi praktis dan efisien tanpa perlu dipusingkan oleh
masalah-masalah seperti salah hitung, salah ketik ataupun kesalahan sepele
lainnya. Software Krishand bukan hanya sekedar software pelaporan pajak,
tetapi memberikan nilai lebih dari itu. Banyak laporan internal yang disediakan
untuk membantu Anda menganalisa data yang telah diinput. Untuk membantu Anda
melakukan pekerjaan seminimal mungkin, software Krishand dapat dimodifikasi
untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda seperti setting print
out pada blanko SSP atau Faktur Pajak, impor data penjualan untuk pembuatan
Faktur Pajak secara otomatis, impor data Faktur Pajak Keluaran maupun Masukan
dari file Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti
KELEBIHANNYA :
1.
|
Cepat dan Akurat
|
Dengan software Krishand,
persiapan pelaporan pajak Anda akan terhindar dari kesalahan seperti
salah ketik, salah hitung, dsbnya, yang sering terjadi jika dilakukan secara
manual..
|
|
2.
|
Praktis
|
Dapat mencetak langsung formulir
pajak (yang telah disesuaikan dengan ketentuan dari kantor pajak) tanpa harus
menggunakan blanko formulir pajak.
|
|
3.
|
Review setiap saat
|
Memungkinkan untuk mereview dan
menampilkan kembali berkas-berkas pajak yang lama tanpa harus mengutak-atik
ataupun mencari-cari arsip fisik berkas.
|
|
4.
|
Up to Date
|
Semua formulir perpajakan yang
tersedia dalam aplikasi merupakan formulir terbaru yang sesuai dengan
peraturan perpajakan terakhir.
|
|
5.
|
Membuat kerja lebih efektif,
efisien dan hemat waktu.
|
KEKURANGANNYA :
1. Tidak tahu bagaimana caranya
memulai mengembangkan OSS.
2. Model bisnis yang tidak mengikuti
pola bisnis software proprietary.
3. Kepemilikan yang tidak jelas
sehingga cenderung berlawanan ( anti-thesis ) dengan pola IPR ( Intellectual
property Right ) yang juga sedang digalakkan oleh pemerintah dalam penelitian
yang didanai selama ini.
4. Tidak adanya dukungan komersial.
5. Terlalu banyak variasi dari
OSS.6.
6. Usabilitas yang masih kurang
baik.
7. Terbatasnya sumber daya manusia,
aplikasi dan komitmen terhadap OSS.
B. ACCURATE V3 Standard
Software akuntansi dengan modul
Account Payable, Account Receivable, Inventory, dan General Ledger yang
terintegrasi. Dalam versi Standard, kami memberikan 2 (dua) license. Artinya, 2
user/client bisa menginput ke dalam 1 (satu) database dalam waktu yang
bersamaan. Ada banyak fitur yang tersedia di Accurate 3. Fitur besar yang
terdapat di versi ini adalah:
1. Pajak masukan
di modul pembelian (Purchase order dan Purchase Invoice)
2. Harga satuan
yang termasuk pajak (Inclusive Tax) di semua form yang ada hubungan dengan
pajak (PPN).
3. Template untuk
semua form dengan designer yang lebih mudah dan field-field yang lebih lengkap
4. Ongkos kirim
(Freight) untuk modul pembelian dan penjualan
5. Sepuluh buah
custom field yang tersedia di semua form yang berhubungan dengan item.
6. Perhitungan
komisi Saleman yang lebih lengkap.
7. Penambahan
modul Rekonsiliasi Bank.
Selain fitur-fitur besar di atas,
berikut perincian penambahan / perbaikan fitur yang telah dilakukan di versi 3:
KELEBIHANNYA :
1. Customer &
Vendor
-
Bisa mengisi Saldo awal lebih dari 1 invoice.
2. Purchase Order
-
Ada penambahan field Terms, dan FOB
3. Purchase
Invoice
-
Terdapat field Fiscal Rate untuk pembelian mata uang asing dengan PPN.
4. Receive Item
-
Tidak menjurnal ke Hutang dagang lagi, namun ke: Barang yang belum ditagih
(Unbilled goods).
5. Purchase Return
(d/h: Debit Memo)
-
Nilai retur bisa memasukkan nilai Tax, Freight dan Discount dari Purchase
Invoice.
6. Vendor Payment
(d/h: Make Payment)
-
Setiap form ada nomor urutnya agar mempermudah pengarsipan.
7. Sales Order
-
Ditambahkan field Salesman
8. Sales Invoice /
Delivery Order
-
Item service dari SO bisa diproses lebih dari 1 Sales Invoice
KEKURANGANNYA :
1. Single login. Hanya bisa login
menggunakan user supervisor.
2. Membuka database dari local PC,
tidak bisa membuka database dari lokasi remote.
3. OEM license, tidak bisa
dimigrasikan atau dipindah ke komputer lain.
4. Tidak untuk pemakaian multiple
user, tidak diperbolehkan menambah license.
5. Tidak mendapat diskon untuk major
upgrade atau trade-in.
C. K-SYSTEM INDONESIA
K-System adalah program terpadu operasional dan akuntansi yang di
design khusus untuk kondisi Indonesia. Banyak perusahaan ingin melakukan komputerisasi
karena dapat mempercepat operasional dan mempermudah kontrol. Data cukup diisi
1x dibagian operasional, faktur dicetak dari komputer dan proses pembukuan
selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh komputer. Laporan yang
dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
KELEBIHANNYA :
K-System memberi pilihan untuk anda yang akan melakukan
komputerisasi karena K-System adalah program yang sudah baku, lengkap, teruji,
integrated dan sepenuhnya ditulis dalam bahasa Indonesia dan banyak
pendukungnya. K-System berjalan di Linux & Windows. Saat ini K-System
sedang dikembangkan ke Web Based.
KEKURANGANNYA :
1. Untuk keamanan dan purna jual
yang terjamin K-System tidak dijual tetapi hanya disewakan dan biaya sewa sudah
termasuk penyesuaian program & laporan.
2. Bagi perusahaan kecil, K-System single user diberikan secara
cuma2 dan dapat pakai sepenuhnya di perusahaan, dan bagi Perusahaan menengah
dan besar K-System single user ini bisa sebagai bahan pertimbangan untuk
melakukan komputerisasi di Perusahaan.
3. Sayangnya komputerisasi bukanlan hal yang mudah. Tidak
semua program sudah lengkap, integrated, teruji dan banyak pendukungnya.
Source program juga tidak diserahkan sehingga program susah untuk disesuiakan
sesuai dengan keinginan perusahaan.
D. SAGE ACCPAC ERP
Adalah sebuah sistem akuntansi yang
dikembangkan dengan arsitektur kelas dunia dan telah memenangkan berbagai
penghargaan. Didesain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan baik besar maupun
kecil, Sage Accpac ERP dapat dijalankan dengan menggunakan berbagai pilihan
database. Sage Accpac ERP memenuhi kebutuhan perusahaan akan suatu aplikasi
manajemen bisnis end-to-end yang terintegrasi penuh. Sage Accpac ERP
memberikan fungsionalitas kerja yang lebih baik dengan kinerja yang tinggi dan
kebebasan pilihan bagi penggunanya.
KELEBIHANNYA :
- Efisien dan mudah digunakan
- Kemampuan reporting yang kompeten
- Dapat disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan perusahaan. Dengan tiga edisi (ERP100, ERP200, dan ERP500)
- Terintegrasi penuh
- Support Windows dan Linux
- Kombinasi desktop base dan web base
Sage Accpac ERP mempunyai dua modul
utama yang saling terintegrasi penuh, yaitu Financial Modules dan Operational
Modules.
Modul-modul finansial memenuhi kebutuhan aplikasi akuntansi perusahaan.
Modul-modul finansial Sage Accpac ERP menyediakan interface yang user
friendly untuk menjalankan kegiatan akuntansi dan keuangan perusahaan dan
memberikan solusi yang utuh untuk berbagai jenis bidang usaha. Modul-modul
finansial meliputi:
- General Ledger, Accounts Payable, Accounts Receivable
Modul-modul operasional menyediakan suatu sistem yang user friendly untuk
menjalankan kegiatan logistik dan distribusi perusahaan sehari-hari.
Modul-modul operasional meliputi:
- Order Entry / Sales Order, Purchase Order, Inventory Control
KEKURANGANNYA :
1.
Hanya 1(satu) tipe dari database yang dapat digunakan untuk satu waktu. Jika
digunakan untuk Btrieve dan kemudian untuk MSSQL, report sudah harus diganti.
2.
Sering kali menghabiskan waktu untuk perbaikan data.
3.
Sumber data ODBC harus dikonfigurasikan dengan tepat.
4.
Masalah hubungan/connectivity kemungkinan lebih sulit.
E. MYOB ACCOUNTING 17
MYOB (Mind Your Own Business)
Accounting merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integrated
software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan
cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam
command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat,
tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan
laporan keuangan. MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis
perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan
pertanian serta usaha-usaha yang lain.
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:
KELEBIHANNYA :
5.
User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai
pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
6.
Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
7.
Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses
ekspor/impor file yang merepotkan.
8.
Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
9.
Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
10. Menampilkan laporan
keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk
grafik.
11. Mudah dipahami dan
digunakan, sehingga bisa diajarkan kepada siswa SMK/SMA dan mahasiswa, maupun
dipelajari oleh user secara mandiri untuk aplikasi langsung dalam pengelolaan
perusahaan.
12. Bisa diterapkan untuk
jenis usaha yang ada di Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah, dan besar
KEKURANGANNYA :
1.
Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul
untuk mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi
2.
Tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan
modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi
3.
Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi
relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
4.
Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya
laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan
MYOB.
5.
database MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk
transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan
server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data lebih
realistis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar